Minggu, 15 Oktober 2017

PERBANDINGAN ANTARA PERKEMBANGAN INOVASI YANG KALIAN KETAHUI

NAMA            : MUHAMMAD KHANSAPURI
NPM               : 14116976
KELAS          : 2KA19
DOSEN          : DYAH AYU DAMAYANTI

ALAT TRANSPORTASI

Siapa yang tidak mengenal alat transportasi? Pasti semuanya sudah mengetahuinya, Alat transportasi merupakan suatu kebutuhan hidup masyarakat yang paling penting, jika kita tidak alat transportasi maka kita tidak akan bisa pergi kemana pun baik itu tempat yang dekat maupun tempat yang jauh. Perbedaan yang sangat terlihat adalah pada zaman dahulu alat transportasi tidak menggunakan mesin untuk mengoperasikannya jadi masih membutuhkan tenaga dari manusia atau membutuhkan tenaga hewan seperti getek, sampan (sejenis perahu kecil), kereta kuda, gajah, unta dan waktu yang ditempuh kesuatu tempat tujuan yang di inginkan jauh lebih lama sampainya dibandingkan alat transportasi pada zaman sekarang yang menggunakan tenaga mesin untuk mengoperasikannya seperti mobil, sepeda motor yang pasti lebih cepat serta lebih efesien waktu untuk sampai ke suatu tempat tujuan yang di inginkan. 

Contoh Alat Transportasi Pada Zaman Dahulu :
  •   Kereta Kuda


Kereta pada zaman dahulu hanyalah sebuah gerobak berbentuk segi empat yang dihiasi dengan aksesoris khas kerajaan, beroda empat dan ditarik menggunakan bantuan tenaga kuda. Kereta kuda pada zaman dahulu di Indonesia kebanyakan dipakai oleh pihak kerajaan – kerajaan yang ada di Indonesia. Contohnya adalah kereta Singa barong yang dimiliki oleh kerajaan Cirebon.
  • Unta


Unta Merupakan alat transportasi pada zaman dahulu yang dipakai oleh masyarakat yang tinggal di daerah gurun pasir, unta merupakan hewan yang mampu memuat banyak barang dipunuknya karena menciptakan rasa aman dari terpaan gurun pasir yang berhembus. Unta mempunyai banyak sekali kelebihan yaitu contohnya memiliki telapak kakinya yang sangat tebal yang mampu mejaga kaki dari terik matahari yang sangat panas kemudian unta bisa menahan haus yang sangat lama karena unta memiliki persedian air di punuknya. Oleh karena itulah unta menjadi kendaraan utama di daerah padang pasir pada zaman dahulu.
  • Sepeda Ontel


Merupakan alat transportasi zaman dahulu yang dipakai oleh sebagian orang dipedesaan untuk pergi ke sawah, tempat kerja, dan juga sering kali untuk mengangkut rumput – rumput yang akan dipakai oleh hewan – hewan mereka. Sepeda ini mempunyai ciri khas sendiri dibandingkan dengan sepeda yang ada pada zaman sekarang, sepeda ini rata – rata semua materialnya terbuat dari besi kecuali joknya yang terbuat dari kulit, kemudian ban yang di desain lebih besar sehingga membuat langkah sepeda ini lebih besar dibandingkan sepeda lainnya.
  • Getek
Getek biasanya terbuat dari kayu bambu yang disatukan atau digabungkan menjadi satu kesatuan menggunakan tali tambang yang hasil akhirnya berbentuk persegi panjang yang mempunyai kegunaan untuk orang – orang yang ingin menyebrangi sungai dari satu sisi ke sisi lainnya lagi karena pada zaman dahulu jembatan belum banyak dibangun seperti sekarang ini.


Contoh alat transportasi pada zaman sekarang :

  • Kereta

Siapa yang tidak mengenal alat transportasi yang satu ini, pasti semua orang sudah mengenalnya tentu, alat transportasi ini bisa mengangkut ratusan orang dalam sekali perjalanan, dan waktu yang dibutuhkan lebih efesien dan cepat karena kereta mempunyai perlintasan sendiri, kereta saat ini sudah mengalami banyak sekali perubahan, untuk kereta biasanya memliki kecepatan 90-100 km/jam namun di Negara Jepang sudah menghadirkan kereta super cepat yang memiliki kecepatan 603 km/jam dan sudah dinobatkan sebagai kereta tercepat di dunia pada saat ini. Bahkan Indonesia pun baru akan membangun kereta cepat Jakarta – Surabaya yang kabarnya akan bekerja sama dengan perusahaan negeri tirai bambu.
  • Sepeda Motor


Sepeda motor Merupakan kendaraan roda 2 yang digerakan oleh mesin di dalamnya dan memerlukan bahan bakar bensin untuk menjalankannya. Sepeda motor di negeri ini sudah sangat banyak sekali karena harganya yang murah dan juga terjagkau untuk sebagian kalangan, berikut ini adalah beberapa orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor di dunia ini, diantaranya yaitu Edward Butler (Inggris), Ernest Michaux (Perancis) dan Gottlieb Daimler (Jerman), tetapi Gottlieb Daimler beserta mitranya Wilhelm Maybach berhasil menjadi perakit motor pertama yang di akui dunia pada tahun 1985
  • Mobil

Mobil Merupakan alat transportasi yang mulai digunakan oleh banyak orang untuk bepergian jauh, dengan menggunakan mobil kita bisa lebih cepat sampai tujuan dan lebih nyaman karena kita bisa mengndarai mobil itu sendiri serta bisa memuat barang yang kita bawa lebih banyak di dalamnya. Dengan seiring kemajuan zaman dan teknologi pada saat ini membuat mobil mampu diciptakan tanpa supir, yang sudah di ciptakan dan di jajal oleh google untuk melintasi jalanan umum tepatnya di bulan juni pada tahun 2015 lalu di California, Amerika Serikat. Jika saat ini saja manusia bisa menciptakan mobil tanpa supir, bagaimana perkembangan mobil pada masa yang akan mendatang? apakah benar nantinya mobil terbang bisa di ciptakan oleh manusia? Kita nantikan saja.


KESIMPULAN

Alat transportasi pada zaman dahulu dan zaman sekarang pastinya memiliki keuntungan dan kekurangan masing – masing. Transportasi pada zaman dahulu memiliki keuntungan membuat manusia jauh lebih sehat karena semua alat transportasi membutuh tenaga manusia untuk menggerakannya serta udara yang masih sehat karena belum adanya asap dari kendaraan bermotor dan kerugiannya adalah waktu yang ditempuh akan jauh lebih lama ke tempat tujuan, sedangkan transportasi pada zaman sekarang memiliki keutungan kita bisa sampai ketempat tujuan jauh lebih cepat dan kerugiannya adalah asap dari kendaraan bermotor yang mengandung CO2 yang bisa membuat kita sesak bernafas.



1 komentar:

  1. Pilihan perkembangan inovasinya, lebih baik lagi kl dipilih yang agak jarang dibahas seperti dibidang kesehatan dll

    BalasHapus

What Will You Do Next 5 Years

In the next 5 years, it will be the time where I've graduated from my collage and gotten work with the knowledge that I've gained f...