Minggu, 22 Oktober 2017

TEKNOLOGI DIGITAL & PENTINGNYA TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK BIDANG IT

NAMA            : MUHAMMAD KHANSAPURI
NPM               : 14116976
KELAS          : 2KA19
DOSEN          : DYAH AYU DAMAYANTI


TEKNOLOGI DIGITAL




Teknologi Digital merupakan teknologi yang tidak perlu membutuhkan tenaga manusia untuk pengoperasiaanya atau tidak lagi secara manual. Di pengoperasiaanya teknologi digital ini lebih cenderung pada pengoperasiaanya yang serba canggih dan otomatis dengan sistem komputerisasi yang dapat terbaca oleh komputer. Pada teknologi digital ini pada dasaranya berguna sebagai penghitung yang sangat cepat serta dapat digunakan untuk memproses semua bentuk informasi sebagai nilai yang numeric. Sebelum adanya teknologi digital sudah ada yang terlebih dulu di ciptakan yaitu teknologi analog, di teknologi ini gambar dan suara diubah menjadi gelombang radio, sedangkan pada teknologi digital mengkonversi gambar dan suara tersebut menjadi digital yang terdiri diri angka 0 dan 1. Dengan teknologi digital maka akan menampilkan gambar dengan resolusi yang baik dan  kualitas warna yang lebih natural, gambar tersebut tidak akan turun kualitasnya jika gambar yang ditampilkan pada layar di perbesar. 

Banyak berbagai alat yang bisa jumpai dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh dari teknologi digital yaitu : televisi, kompuer, radio, telepon. Berbagai alat tersebut tadinya merupakan alat-alat yang menerapkan teknologi analog tetapi dengan seiring perkembangan zaman dan teknologi sehingga di ketemukanlah teknologi digital sehingga alat-alat tersebut juga semakin canggih karena semuanya sekarang pengoperasiaanya menggunakan sistem berbasis digital.

Kelebihan yang paling menonjol pada teknologi digital adalah dalam hal visual, dalam teknologi digital ini mampu menghasilkan grafis visual yang lebih akurat serta memiliki resolusi yang sangat baik, teknologi digital pun tidak terpengaruh oleh ruang dan waktu sehingga teknologi digital ini bisa disebut juga sebagai teknologi yang paling efektif and paling efesien dibandingkan dengan teknologi yang sebelumya atau teknologi analog. Sedangkan kelemahan pada teknologi digital yaitu memerlukan biaya yang tidak sedikit serta tidak efektif dan efesien dalam segi ruang dan waktu.

PENTINGNYA TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK BIDANG IT

Banyak sekali manfaat pada penggunaan teknologi digital bagi kehidupan manusia, yang bisa membantu manusia untuk beraktivitas sesuai dengan bidangnya, berikut ini adalah pemanfaatan pada teknologi digital yang sering tejadi di Indonesia :

   1.      Pada Bidang Pendidikan



Pada saat ini kita pastinya sudah melihat di berbagai sekolah-sekolah dari tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menegah Atas bahkan di bangku perkuliahan pun pasti memakai teknologi digital untuk kegiatan belajar mengajarnya. Contohnya saja yang paling mudah adalah pada saat mengerjakan tugas pastinya kita akan memanfaatkan internet. Internet menjadi suatu media pembelajaran yang sangat efektif dan efesien, kita tinggal menuliskan keyword saja di google maka yang kita ingin cari akan tampil berbagai sumber dalam hitungan detik, sangat mudah bukan? Tentu saja jawabannya iya. Bandingkan dengan buku, kita harus mencari dahulu ke toko buku sesuai dengan tugas kita. 


Untuk melakukan presentasi di depan kelas atau umum pun sekarang sangat mudah dengan adanya teknologi digital meyiapkan bahan persentasi yang dibuat di powerpoint, lalu kita tinggal menyiapkan laptop yang sudah berisi dengan powerpoint yang sudah kita buat sebelumnya dan sebuah lcd proyektor, dengan menyambungkan 2 alat tersebut kita pun sudah bisa memulai persentasi kita

   2.      Pada Bidang Bisnis




Pasti semuanya tentu sudah mengenal e-commerce kan? Banyak sekali sekarang berbagai macam e-commerce yang sudah mulai banyak di negeri ini dari mulai tokopedia, lazada, bukalapak dan lain-lain, mengapa e-commerce mulai banyak di Indonesia? Tentunya karena solusi berbelanja yang sangat mudah yang membuat para pedagang menjual barangnya di e-commerce dan para pelanggan pun tinggal memasukkan email dan password yang sudah kita daftarkan sebelumnya kita bisa mulai mencari barang-barang yang kita inginkan. Bandingkan dengan para pedagang tersebut harus membuka toko atau gerai di suatu tempat pastinya harus membayar sewa yang mahal belum lagi rugi yang didapatkan pada saat sepi penggunjung serta biaya maintence yang cukup mahal

   3.      Pada Bidang Komunikasi







Dengan perkembangan zaman, teknologi digital pun sudah mulai masuk ke bidang komunikasi dari dulunya yang kita tidak bisa komunikasi tatap wajah dan hanya bisa mendengar suara orang saja, lalu pada saat sekarang ini komunikasi tatap wajah pun bisa terwujud kapan saja dan dimana saja tidak dipengaruhi oleh jarak, komunikasi tatap wajah yang sudah ada saat ini sudah tersedia melalui aplikasi skype, line, whatsapp yang bisa digunakan melalui smartphone ataupun laptop.




KESIMPULAN

Semakin berkembangnya zaman dan canggihnya teknologi digital membuat banyak perubahan baik positif maupun negative. Pada saat sekarang ini banyak orang dengan sangat mudah mengakses suatu informasi melalui berbagai cara, dan dapat menikmati berbagai fasilitas dari teknologi digital yang sudah ada dengan bebas dan juga terkendali. Tetapi sangat di sayangkan sekali dengan berkembangnya teknologi digital ini semakin banyak kejahatan terdeteksi dimana-mana. Maka dari itu kita harus memanfaatkan teknologi digital sebijak dan sebaik mungkin.


1 komentar:

What Will You Do Next 5 Years

In the next 5 years, it will be the time where I've graduated from my collage and gotten work with the knowledge that I've gained f...