NAMA
: MUHAMMAD KHANSAPURI
NPM
: 14116976
KELAS
: 2KA19
DOSEN
: DYAH AYU DAMAYANTI
1. Pengertian
Suatu metode atau cara pengolahan sistem
informasi (SI) dan secara filosofis terpusat pada persfektif konsumen atau
pemakai layanan sistem informasi terhadap suatu bisnis perusahaan merupkan
pengertian dari manajemen layanan sistem informasi.
Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut mempunyai
dukungan besar dari IT Service Support Management (ITSSM) atau IT Service Management (ITSM)
yang merujuk pada pelaksanaan serta pengelolaan dari sisi kualitas layanan IT
yang memenuhi semua kebutuhan bisnis. Layanan manajemen IT ini dilakukan oleh
penyediaan layanan IT melalui sautu kombinasi yang sangat tepat dari teknologi,
informasi , manusia dan proses.
Jadi, kesimpulannya yang dapat diambil
mengenai Manajemen Layanan Sistem Informasi merupakan suatu metode atau cara yang
memfokuskan pada suatu konteks serta persepsi konsumen dalam layanan Sistem
Informasi dan dalam metode tersebut menangani masalah tentang suatu karakteristik yang ada pada manajemen
sistem informasi.
2. Manfaat
Berikut merupakan adalah manfaat dari Manajemen
Layanan Sistem Informasi bagi Lingkungan Sekitar:
a. Menambah kecepatan aksebiltas atau akses suatu
data yang tersaji akurat dan tepat waktu bagi para pengguna Manajemen Layanan
Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar tanpa adanya suatu perantara sistem
informasi.
b. Menjamin ketersediaan kualitas serta ketrampilan
dalam memanfaatkan suatu sistem informasi secara baik dan benar.
c. Memudakan bagi para pengguna mengidentifikasikan
kebutuhan yang di butuhkan dan akan menampilkan ketrampilan-ketrampilan
pendukung sistem informasi.
3. Peranan
Layanan sistem informasi ini memiliki banyak
peran yang sangat penting dan sangat efektif bagi organisasi manapun.
Berikut merupakan pelayanan Peranan Manajemen
Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar :
a.
Meningkatnya Daya Saing Bisnis
Dengan semakin meningkatnya di
dalam persaingan suatu bisnis, manajemen layanan sistem informasi dapat
membantu sesuatu perusahaan untuk bersaing dan berkommpetitor di pasar bebas
karena bermanfaat bagi perusahaan itu sendiri.
b.
Meningkatkan Efisiensi Kerja
Layanan
sistem informasi ini sangat berguna untuk mengolah berbagai macam transaksi,
menekan suatu biaya serta menghasilkan hasil pendapatan sebagai salah satu
produk atau pelayanan unggulan mereka.
c.
Meningkatkan Aksebilitas Data
Data
dapat diakses secara cepat dan on time serta akurat bagi para pemakainya.
d. Meningkatkan Strategi Suatu Layanan
Secara Global dan Menyeluruh
Mampu
meningkatkan suatu persaingan bisnis secara global dan melakukan pengelolaan
serta pengawasan pasar.
e.
Mendukung Operasional Bisnis
Menyediakan
dukungan dalam operasional bisnis seperti dalam bidang akuntansi sampai melakukan
penelusuran pesanan konsumen maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang sudah biasa
dilakukan sehari-hari.
f.
Mendukung Keunggulan Strategis
Sistem
informasi yang telah dirancang dan dibuat sedemikian rupa dapat membantu
mencapai suatu sasaran yang dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan
lainnya.
g.
Perencanaan Strategi Perusahaan dan
Kebijakan
Untuk
mengetahui peta selera dan keinginan konsumen serta peluang pasar.
Jadi, kesimpulan yang dapat
diambil dari segi peranan manajemen layanan sistem informasi adalah adanya persaingan
bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya.
Refrensi :
https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/
Refrensi :
https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar