Rabu, 11 April 2018

STUDI KASUS YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN DAN SISTEM INFORMASI


Anggota Kelompok :

1. Annisa Badzlina (10116939)
2. Muhammad Khansapuri (14116976)
3. Ratih Hartanti (16116096)

PERUSAHAAN TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE
(GO-JEK)


Pada Studi kasus yang behubungan dengan  kualitas pelayanan dan sistem informasi pada kali ini yang akan saya bahas adalah layanan transportasi online yaitu Go-Jek 

Sejarah berdirinya gojek

Go-Jek  merupakan perusahaan  aplikasi berbasis online penyedia jasa layanan transpotasi yang awalnya hanya menggunakan armada Motor,  yang saat ini telah memimpin revolusi industri transportasi Ojek di wilayah jabodetabek. Perusahaan Go-Jek ini telah menjalin kerjasama dengan para pengendara Ojek lainnya yang berpengalaman di Daerah kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan. Tukang ojek yang bernaung di Go-jek juga sudah mencapai sekitar lebih dari 7.500 driver di area Jabodetabek saja. 

Dengan perkembangan Go-Jek yang sangat pesat ini. Sebagai juara 1 dalam kompetisi bisnis GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia) di Bali itulah merupakan prestasi yang sudah didapatkan oleh perusahhan Go-Jek. Selain hal prestasi yang tertera diatas yang sudah didapatkan Go-Jek, Go-Jek pun telah memperoleh berbagai macam penghargaan dari komunitas bisnis maupun dari bidang sosial. 

Dalam situs resminya Go-Jek memberikan layanan jasa kurir (90 menit waktu pengantaran atau delivery kemana pun dikota tersebut), Jasa transportasi (harga yang transparan, gratis penutup kepala dan masker), Jasa delivery makanan (yang dijanjikan dalam memesan makanan favorit kita melalui GO-FOOD ini hanya memakan waktu kurang dari 60 menit di seluruh area Jabodetabek) dan Jasa belanja dengan nominal dibawah 1 juta rupiah (belanja dalam bentuk makanan, tiket, obat-obatan, dan lainnya harga dibawah Rp. 1.000.000.). 

Go-Jek dapat dipesan melalui Go-Jek App yang sebelumnya bisa diunduh melalui Play Store untuk para pengguna android maupun App store untuk para mengguna Apple. Dengan aplikasi Go-Jek, para pengemudi Ojek tidak perlu menunggu lama pelanggan dan membuang waktu di pangkalan. Aplikasi Go-Jek melakukan sentralisasi pemesanan dan membagikan ke para pengemudi yang dekat dengan lokasi Pelanggan.

Go-Jek Indonesia yang didirikan oleh Nadiem Makarim tahun 2011. Untuk merubah serta mendorong dalam sektor transportasi yang informal agar dapat beroperasi secara professional dan selaku perusahaan sosial enterpreneurship yang inovatif. Manajemen Go-Jek menerapkan sistem bagi hasil dengan sekitar lebih dari 7500 pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan Go-Jek dan sudah tersebar di area Jabodetabek.

Go-Jek merupakan sebuah perusahaan yang memiliki serta mempunyai sebuah slogan yaitu “An Ojek For Every Need” yang memiliki arti yaitu perusahaan transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui pelayanan jasa ojek online serta melalui aplikasi yang dengan teknologi terkini yaitu location based yang akan mencarikan driver yang posisinya paling dekat dengan pemesan atau para pelanggan.

Statistik

a). Jumlah Pengunjung

Pada Januari 2015 lalu, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 32.360 kali. Dari jumlah tersebut, 17.582 unduhan diantaranya berasal dari pengguna Android, sedangkan sisanya yaitu 14.778 berasal dari Apple. Bulan selanjutnya unduhan semakin meningkat.

Pada Februari 2015 total unduhan mencapai 81.843 kali. Dari jumlah tersebut 50.106 pengunduh diketahui dari pengguna berbasis Android, sedangkan sisanya yaitu 31.737 mengunduh dengan perangkat berplatform milik Apple. Memasuki bulan selanjutnya, jumlahnya terus meroket.
Pada Maret 2015 lalu, unduhan Gojek diketahui sudah menembus 131.795 kali. Seperti bulan februari lalu, secara rinci unduhan melalui Android lebih mendominasi yaitu mencapai 81.893, sedangkan sisanya 49.902 menggunakan perangat berplatform Apple.

Sementara itu, menurut data pada tahun 2017 akhir layanan yang dimiliki Go-Jek dipakai secara aktif oleh 15 juta orang pada setiap minggunya. Para pelanggan atau customer ini dilayani sekitar 900.000 mitra pengemudi Go-Jek. Setiap bulannya, lebih dari 100 juta transaksi terjadi di platform aplikasi Go-Jek. Aneka data ini dibeberkan sendiri oleh Go-Jek sebagaimana dihimpun KompasTekno, dari Kompas.id. Ratusan juta transaksi tersebut tidak hanya dari transportasi online, Go-Jek juga melayani bisnis dalam bidang yang lainnya seperti Go-Food, Go-mart,Go-Send .

b). Omset

Omset atau penghasilan yang di dapat oleh para tukang ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 6 juta perbulan. Sistem dalam perusahaan ini adalah bagi hasil, yaitu 80% dari total penghasilan masuk ke driver Go-Jek itu sendiri dan 20%  sisanya untuk perusahaan gojek (Kompas.com) .

Jasa yang di Tawarkan 

Pada awal berdirinya Go-Jek di Indonesia hanya memberikan fasilitas pelayanan berupa Go-Ride saja kepada para customer, namun seiring perkembangannya kini Go-Jek meningkatkan kualitas pelayanan buat para pelanggannya dengan menawarkan 15 jasa pelayanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan yaitu:

1).  GO-RIDE merupakan layanan Go-Jek yang pertama kali hadir di Indonesia untuk mengantarkan para konsumen kemana saja dan kapan saja sesuai alamat yang dituju.

2). GO-CAR merupakan layanan yang diciptakan untuk memberikan kemudahan jasa gojek yang menawarkan jasa antar jemput dan antar kemana pun dan kapan pun menggunakan mobil atau biasa dibilang sebagai taksi online dari aplikasi Go-Jek

3). GO-BOX melayani untuk memesan mobil pickup dan mobil box, untuk mengantar dan mengirim barang dalam jumlah  yang besar

4). GO-FOOD adalah salah satu fitur yang sangat diminati dalam aplikasi Go-Jek. Karena memberikan kemudahan untuk para pelanggan dalam layanan pesan antar makanan.

5). GO-SEND yang merupakan layanan pengiriman barang layaknya JNE, TIKI, J&T, dll. Diminati juga oleh para pelanggan karena waktu pengiriman yang lebih cepat tidak membutuhkan waktu yang lama.

6). GO-MART adalah merupakan layanan yang diciptakan oel Go-Jek untuk memberikan kemudahan berbelanja para pelanggan dari dalam aplikasi Go-Jek, dimanapun kita berada, terdapat puluhan toko yang telah berkejasama dengan Go-Jek dan puluhan ribu produk yang telah tersedia, kita tinggal memilih barang yang ingin kita beli dan barang tersebut akan sampai ke tempat kita dengan waktu yang cepat sehingga akan lebih  praktis dan kemudahan berbelanja

7). GO-MED adalah solusi layanan terintegrasi yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menerima obat), vitamin, suplemen, dan kebutuhan medis lainnya dari apotek berlisensi  tanpa kita harus pergi keluar rumah menuju apotik dengan cara yang cepat, aman, mudah dan nyaman.

8). GO-CLEAN merupakan jasa atau pelayanan bersih-bersih Tanpa kita perlu bersusah payah membersihkan rumah sendirian, tinggal memesan jasa GO-CLEAN baik untuk rumah atau kantor maka tempat yang kita inginkan itu akan bersih.

9). GO-AUTO merupakan layanan yang diciptakan untuk memberikan kemudahan yang ingin melakukan perbaikan motor atau mobil dapat dilakukan dirumah tanpa pelanggan tersebut harus pergi ke bengkel.

10). GO-GLAM merupakan layanan yang diciptakan untuk memberikan kemudahan layanan salon, serta memberikan kemudahan unutuk melakukan perawatan kecantikan dan lainnya

11). GO-TIX adalah merupakan layanan yang diciptakan untuk memberikan kemudahan layanan mobile-ticketing untuk acara hiburan dan tiket bioskop

12). GO-MASSAGE yang merupakan layanan yang diciptakan untuk memberikan kemudahan untuk memesan tukang pijat atau urut.

13). GO-PULSA adalah merupakan layanan yang diciptakan untuk memberikan kemudahan pada saat kita sedang butuh pulsa didukung dengan berbagai operator yang sudah cukup lengkap Anda bisa melakukan pengisian pulsa langsung dari aplikasi GO-JEK dengan menggunakan GO-PAY

14). GO-SHOP merupakan layanan yang diciptakan untuk memberikan kemudahan belanja sama hal degannya GO-MART tetapi di GO-SHOP ini kita memilih sendiri toko mana yang kita ingin pesan barangnya

15). GO-BUSWAY merupakan layanan yang diciptakan untuk memberikan kemudahan jasa gojek untuk membantu para calon penumpang busway Transjakarta. Baik dalam mencari halte terdekat atau pun melihat posisi bus transjakarta terdekat sudah berada dimana.

Keunggulan dan Kelemahan

a). Keunggulan

Beberapa kelebihan Gojek adalah sebagai berikut :

1.            Praktis dan Mudah dalam melakukan transaksi
2.            Memberikan Kenyamanan terhadap penumpang
3.           Tidak ada lagi tawar menawar harga antara penumpang dan driver, semua sudah langsung   terkalkulasi di aplikasi pada saat order.
4.            Bisa sebagai antar jemput barang dan belanja dari suatu tempat ke tempat yang lain
5.            Mendapat fasilitas Helm dari Gojek yaitu berwarna hijau yang bersih serta wangi, penutup   kepala, dan masker
6.           Pelayanan nya pun ramah dan sopan, serta drivernya pun mematuhi peraturan rambu lalu lintas.

b). Kelemahan

1.           Harus mempunyai paket data atau internet untuk bertransaksi.
2.           Masalah privasi pelanggan atau potensi penyalahgunaan data pelanggan Go-Jek
3.    Penipuan hadiah yang mulai marak yang mengatasnamakan Go-Jek, yang membuat para   pelanggan setia pengguna aplikasi ini percaya.

Kesimpulan 

Keberadaan ojek online di era modernisasi memang sudah selayaknya dibutuhkan oleh masyarakat. Sebab, masyarakat butuh kecepatan dan ketepatan terutama di Jakarta di mana tingkat kemacetan lalu lintas sangat tinggi. Menolak ojek online bisa diartikan kemunduran, karena teknologi semakin berkembang. Aplikasi ojek online merupakan sebuah revolusi teknologi di bidang transportasi. Bahkan ojek online juga dapat membantu masyarakat dalam hal pengiriman barang atau makanan secara cepat.  Aplikasi yang disediakan oleh ojek online ini didalamnya juga menerapkan functional business system yang terbagi lima komponen di dalamnya yaitu pertama human resource management, kedua finance/accounting, ketiga marketing, keempat operation, kelima routing and shipping. Kelima komponen yang terdapat diatas tergabung pada aplikasi yang secara otomatis mengatur seluruh kegiatan driver yang ada di lapangan yaitu termasuk jam kerja driver serta jarak tempuh yang sudah dilalui oleh driver.

Saran

Aplikasi Go-Jek terkadang sering error di jam-jam sibuk, mungkin ini menjadi tugas penting dari Go-jek untuk membuat aplikasi yang benar-benar akurat dan terpercaya. Serta memperbaiki sistem pada aplikasi Go-Jek, pada saat pelanggan memesan gojek.Terkadang driver gojek belum datang namun aplikasi menerangkan driver sudah on the way.

1 komentar:




  1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus

What Will You Do Next 5 Years

In the next 5 years, it will be the time where I've graduated from my collage and gotten work with the knowledge that I've gained f...