Manajemen Layanan Sistem Informasi yaitu merupakan
sebuah metode pengelohan sistem teknologi informasi secara filosofis yang terpusat
pada perspektif konsumen layanan teknologi informasi terhadap bisnis suatu
perusahaan yang ada. Manajemen Layanan Sistem Informasi merupakan sebuah
kebalikan dari pendekatan manajemen Teknologi Informasi dan interaksi bisnis
yang terpusat pada teknologi.
ITSM (IT Service Support Management) adalah proses
yang akan terfokus dan dalam pengertian ini memiliki sebuah hubungan dan
kepentingan bersama dengan gerakan perbaikan proses (seperti CMMI, TQM, manajemen
bisnis proses, Six Sigma) metodologi dan kerangka kerja dalam sebuah organisasi.
Metode
yang digunakan Manajemen Layanan Sistem Informasi
1. Six Sigma
Yaitu merupakan suatu alat manajemen baru yang digunakan
untuk mengganti TQM, sangat berfokus terhadap suatu pengendalian kualitas
dengan menekuni sistem produksi suatu perusahaan secara keseluruhan. Memiliki
tujuan yaitu untuk, memangkas waktu buatan produksi, menghilangkan cacat
produksi, dan menghilangkan biaya
2. Total Quality
Management (TQM)
TQM adalah merupakan sebuah strategi manajemen yang berguna
untuk menanamkan sebuah kesadaran kualitas pada semua proses dalam suatu
organisasi.
3. Capability
Maturity Model Integration (CMMI)
Capability Maturity Model Integration yaitu merupakan suatu
pemahaman atau pendekatan perbaikan proses dengan unsur-unsur penting proses
efektif bagi organisasi.
4. Business Process
Management (BPM)
Business Process Management yaitu merupakan sebuah metode
penyesuaian secara efisien serta efektif dalam suatu organisasi dengan
keinginan dan kebutuhan pada suatu organisasi. BPM merupakan suatu pendekatan
dengan manajemen holistic untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis
seiring upaya untuk mencapai inovasi, fleksibilitas dan integrasi dengan
teknologi.
Kerangka
Kerja (Framework) Manajemen Layanan Sistem Informasi
1. Information
Technology Infrastructure Library (ITIL)
Information Technology
Infrastructure Library atau biasa disingkat dengan ITIL yaitu merupakan serangkaian
suatu konsep dengan teknik pengembangan, pengolahan infrastuktur dan operasi
Teknologi Informasi (TI). ITIL sendiri merupakan terbitan dalam suatu rangkaian
buku yang membahas suatu topik
pengolahan TI. Serta sebutan ITIL sendiri dan Information Technology
Infrastructure Library merupakan suatu merek dagang terdaftar dari OGC (Office
of Government Commerce).
2.Control
Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
Control Objectives for
Information and Related Technology yaitu merupakan audit suatu sistem informasi
dan dasar dari pengendalian yang dibuat oleh ISACA (Information Systems
Audit and Control Association) dan ITGI (IT Governance Institute).
3.
PRM-IT IBM’s Process Reference Model for IT
4.
Software Maintenance Maturity Model
5. Application
Services Library (ASL)
Aplikasi Layanan
Perpustakaan (ASL) yaitu merupakan suatu kerangka kerja yang mempunyai suatu
domain publik dari praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses
dalam Aplikasi Manajemen, disiplin dalam
memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah perpustakaan
ini dipergunakan karena ASL disajikan sebagai satu kumpulan atau set buku yang
mendekripsikan praktek-praktek terbaik dari industri TI.
6. Business
Information Services Library (BISL)
ASL
BISL merupakan suatu lembaga yang mengontrol BISL. Kerangka kerja ini
mencerminkan standar untuk proses dalam manajemen informasi bisnis di strategi,
manajemen dan operasi tingkat.
7. Microsoft Operations Framework (MOF)
Microsoft Operations
Framework (MOF) 4.0 adalah merupakan sekumpulan arahan yang mempunyai tujuan
yaitu membantu teknologi informasi (TI) profesional menerapkan serta menetapkan
suatu layanan yang hemat biaya dan juga
handal.
8. eSourcing Capability Model for
Service Providers (Escm-sp) dan eSourcing Capability
Model
for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management
eSCM-SP yaitu merupakan suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh ITSqc. eSCM-SP yaitu merupakan praktek terbaik di dalam model kemampuan dengan tiga tujuan yaitu:
·Untuk
memberikan sebagai penyedia layanan bimbingan yang akan membantu mereka
meningkatkan kemampuan di seluruh sourcing siklus hidup
·Untuk
menyediakan klien dengan cara yang obyektif serta yang akan mengevaluasi
kemampuan penyedia layanan
·Untuk
menawarkan penyedia layanan standar untuk dipergunakan saat membedakan diri
dari para pesaing yang ada.
BalasHapusSaya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.
Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.
saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.
Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan
Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)
Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)