Minggu, 11 Maret 2018

PENGERTIAN, MANFAAT, DAN PERANAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI BAGI LINGKUNGAN SEKITAR



NAMA            : MUHAMMAD KHANSAPURI
NPM               : 14116976
KELAS          : 2KA19
DOSEN          : DYAH AYU DAMAYANTI



    1.  Pengertian

Suatu metode atau cara pengolahan sistem informasi (SI) dan secara filosofis terpusat pada persfektif konsumen atau pemakai layanan sistem informasi terhadap suatu bisnis perusahaan merupkan pengertian dari manajemen layanan sistem informasi.

Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut mempunyai dukungan besar dari IT Service Support Management (ITSSM) atau IT Service Management (ITSM) yang merujuk pada pelaksanaan serta pengelolaan dari sisi kualitas layanan IT yang memenuhi semua kebutuhan bisnis. Layanan manajemen IT ini dilakukan oleh penyediaan layanan IT melalui sautu kombinasi yang sangat tepat dari teknologi, informasi , manusia dan proses.

Jadi, kesimpulannya yang dapat diambil mengenai Manajemen Layanan Sistem Informasi merupakan suatu metode atau cara yang memfokuskan pada suatu konteks serta persepsi konsumen dalam layanan Sistem Informasi dan dalam metode tersebut menangani masalah tentang  suatu karakteristik yang ada pada manajemen sistem informasi.

     2.  Manfaat

Berikut merupakan adalah manfaat dari Manajemen Layanan Sistem Informasi bagi Lingkungan Sekitar:

a.   Menambah kecepatan aksebiltas atau akses suatu data yang tersaji akurat dan tepat waktu bagi para pengguna Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar tanpa adanya suatu perantara sistem informasi.
b.  Menjamin ketersediaan kualitas serta ketrampilan dalam memanfaatkan suatu sistem informasi secara baik dan benar.
c.  Memudakan bagi para pengguna mengidentifikasikan kebutuhan yang di butuhkan dan akan menampilkan ketrampilan-ketrampilan pendukung sistem informasi.

    3.  Peranan

Layanan sistem informasi ini memiliki banyak peran yang sangat penting dan sangat efektif bagi organisasi manapun.
Berikut merupakan pelayanan Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar :

a.       Meningkatnya Daya Saing Bisnis

Dengan semakin meningkatnya di dalam persaingan suatu bisnis, manajemen layanan sistem informasi dapat membantu sesuatu perusahaan untuk bersaing dan berkommpetitor di pasar bebas karena bermanfaat bagi perusahaan itu sendiri.

b.      Meningkatkan Efisiensi Kerja

Layanan sistem informasi ini sangat berguna untuk mengolah berbagai macam transaksi, menekan suatu biaya serta menghasilkan hasil pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan unggulan mereka.

c.       Meningkatkan Aksebilitas Data

Data dapat diakses secara cepat dan on time serta akurat bagi para pemakainya.

d.    Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh

Mampu meningkatkan suatu persaingan bisnis secara global dan melakukan pengelolaan serta pengawasan pasar.

e.       Mendukung Operasional Bisnis

Menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti dalam bidang akuntansi sampai melakukan penelusuran pesanan konsumen maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang sudah biasa dilakukan sehari-hari.

f.       Mendukung Keunggulan Strategis

Sistem informasi yang telah dirancang dan dibuat sedemikian rupa dapat membantu mencapai suatu sasaran yang dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.

g.      Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan

Untuk mengetahui peta selera dan keinginan konsumen serta peluang pasar.

Jadi, kesimpulan yang dapat diambil dari segi peranan manajemen layanan sistem informasi adalah adanya persaingan bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya.

Refrensi :

https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Will You Do Next 5 Years

In the next 5 years, it will be the time where I've graduated from my collage and gotten work with the knowledge that I've gained f...